Sabtu, 09 November 2019

Formula Sukses di Youtube

Kami saat ini sedang melalui salah satu masa paling kacau di industri ini ketika media baru mulai menyalip media lama sebagai metode distribusi hiburan audio visual yang lebih disukai. Apa sebenarnya media baru itu dan apa bedanya dengan media lama? Kami berpose untuk Susan Johnston, direktur Festival Film Media Baru. baca juga: https://www.jualakunyoutube.com

“Media baru adalah semua media. Semuanya [termasuk] film, karya seni, puisi, dan foto. Apa bedanya dengan media lama adalah tidak ada aturan dan tidak ada yang standar. Bertahun-tahun yang lalu Anda sebagian besar memotret pada satu format dan output ke file drive yang berbeda di mana ia akan ditampilkan. Selain itu, ada yang mengatur TRT (total waktu berjalan). Salah satu keindahan media baru adalah cerita sekarang bisa menjadi panjang yang mereka butuhkan vs dibuat lebih lama atau lebih pendek agar sesuai dengan jendela ... "

INI GRATIS, MUDAH DIGUNAKAN, MEMUNGKINKAN ANDA UNTUK MENGUNGGAH BANYAK KONTEN, MENDAPAT MILIARAN TAMPILAN DAN KONTEN ANDA AMAN DI YOUTUBE.

YouTube, yang dimiliki oleh Google, adalah raja distribusi konten saat ini. Meskipun itu tampaknya tidak akan berubah dalam waktu dekat, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bagaimanapun, ada suatu masa ketika MySpace tampak seolah-olah akan memiliki dunia media sosial. Ada juga saat ketika tiga jaringan utama dan enam studio besar tampak seolah-olah mereka akan memerintah dunia selamanya. Seperti berdiri, tempat terbaik untuk memulai di media baru adalah YouTube. Ada banyak tempat lain untuk mendistribusikan konten Anda, tetapi pasti memanfaatkan YouTube juga. Ini gratis, mudah digunakan, memungkinkan Anda untuk mengunggah banyak konten, mendapat miliaran tampilan dan konten Anda aman di YouTube.

YouTube dan Google
YouTube, mesin pencari terbesar kedua di belakang hanya Google, adalah tempat di mana Anda dapat mengunggah hampir semua konten video yang Anda miliki, apakah itu kumpulan foto yang diatur ke musik bebas-royalti, film fitur atau apa pun di antaranya.


Berikut adalah beberapa jenis kontennya yang paling banyak dilihat:

Drama komedi

Ditulis
Tanpa naskah
Klip dramatis

Game untuk anak-anak dan orang dewasa
Video musik
fitur
Jaringan

Major Studios (Disney adalah nomor 1)

Pembuat film independen

Celana Pendek dan Trailer Film
Olah raga
Hiburan Anak
Vloggers, Pengunjuk rasa produk, Pelatihan seumur hidup
Lebih. Media baru hanya terbatas pada imajinasi Anda!
Dan jangan lupakan semua video kucing yang membuat YouTube terkenal sejak awal.

Formula Sederhana untuk Sukses 😉
Dengan hampir 10 juta pelanggan dan terus bertambah, gamer YouTube JackSepticEye tentu saja merupakan salah satu penyedia konten paling sukses di YouTube. Seorang pria dengan pengikut yang begitu besar tentu tahu rumus untuk sukses. Baik? Nah, inilah yang ia katakan tentang menjadi YouTuber yang sukses: “Hal pertama yang pertama, Anda memerlukan satu set headphone. Hal berikutnya yang akan Anda butuhkan adalah topi (topi apa pun akan melakukan) ... Hal ketiga yang Anda butuhkan adalah aksen. Semakin bodoh dan terdengar menjengkelkan, semakin baik. ”Dia dari Irlandia. "Hal terakhir ... adalah berteriak pada segalanya. Sekarang kamu siap. ”

Oke, jadi sarannya sangat tidak jelas, tetapi dia benar-benar menunjukkan poin yang bagus. Pertama, tidak ada "formula" untuk kesuksesan YouTube. Aksen dan teriakan itu benar-benar membuat orang-orang muda terhibur hampir sepanjang waktu - meskipun itu mungkin juga menjelaskan fakta bahwa ia telah kehilangan lebih dari tiga juta pelanggan selama bertahun-tahun.

Pada kenyataannya, Jack memiliki pegangan kuat pada apa yang membuatnya begitu sukses, “Banyak orang berpikir mereka akan memulai YouTube dan mendapatkan satu miliar pelanggan ... Tahun pertama [saya] di YouTube, tidak ada yang terjadi - sama sekali tidak ada. Sejumlah keberuntungan terlibat dalam [menjadi sukses]. "Dia kemudian mengatakan bahwa," Penonton yang menonton YouTube tidak tahu apa yang mereka inginkan. "Beberapa video lama yang gagal ketika pertama kali menjalankannya sekarang memiliki penayangan di jutaan.

Sukses di Media Baru
Apa kunci sukses di media baru? Kami mengajukan pertanyaan ini ke YouTuber Rig_Saw_31. Salurannya digunakan untuk bermain game, tempat ia bermain game termasuk Minecraft, RoboCraft, dan Call of Duty. “Hiburan adalah kuncinya. Anda dapat memainkan game yang paling menarik, tetapi jika presentasi Anda membosankan, maka tidak ada yang akan menonton Anda. Anda juga harus mencapai keseimbangan dalam gim Anda. Misalnya, jika Anda hanya memainkan Space Engineers, Anda akan kehilangan [pelanggan] dengan sangat cepat, jadi Anda harus menyajikan berbagai gim yang berbeda. Dan konsistensi sama pentingnya. Jika Anda mengunggah satu video minggu ini, lewati satu minggu, lalu unggah tiga ... Algoritma YouTube akan merugikan Anda, jadi jika Anda mengunggah dua video dalam seminggu, Anda akan jauh lebih baik. "

YouTube tentu mendukung klaim Rig_Saw. Alasannya, menurut departemen hubungan masyarakat Google, adalah orang-orang datang untuk mengharapkan hal-hal tertentu terjadi pada waktu-waktu tertentu. Sebagai contoh, penggemar "Big Bang Theory" tahu persis hari apa, waktu dan saluran acara mereka datang setiap minggu, hampir tanpa gagal. Selanjutnya, penggemar pembuat YouTube datang untuk mengharapkan pertunjukan mereka pada kecepatan yang konsisten yang sama setiap saat - atau mereka dapat berhenti berlangganan.

YouTube bukan satu-satunya alasan kemajuan pesat media baru. Meskipun metode distribusinya telah menjadi batu loncatan untuk berhasil di media, penyebab utama dalam demokratisasi media baru adalah proses digital itu sendiri. Susan Johnston, direktur New Media Film Festival menjelaskan, “Hal paling keren tentang media baru adalah karena Anda tidak membayar untuk film dan biaya pemrosesan 70mm, 35mm atau 16mm yang sebenarnya, Anda punya banyak ruang untuk coba-coba. Ada begitu banyak kemungkinan ketika baru memulai. Coba - Analisis - Sesuaikan ”

Membangun Pemirsa Anda
Di bagian atas artikel ini kami menyebutkan betapa mudahnya memulai di YouTube. Itu tentang di mana "mudah" berakhir dan "kerja" dimulai. Membangun audiens Anda mungkin menjadi bagian tersulit dari menjadi pembuat konten di media baru. Jika Anda berencana untuk menghasilkan uang di bidang apa pun, bekerja untuk itu akan diperlukan. Dengan media baru, pekerjaan dimulai ketika Anda memutuskan untuk menghasilkan uang. Terus terang, Anda tidak bisa memposting video kucing Anda ke YouTube dan berharap mereka hanya menjadi viral. Rig_Saw_31 menyarankan bahwa faktor yang paling penting, dalam urutan, adalah:

1. Hiburan
2. Ragam
3. Konsistensi
4. Saldo

“Menjaga pelanggan Anda terhibur dengan beragam program yang Anda unggah secara konsisten sangat penting. Jika Anda menawarkan lebih dari satu jenis permainan, maka Anda ingin menjaga keseimbangannya. Lihat apa yang dimainkan YouTuber favorit Anda dan dapatkan banyak pandangan dengan ... ”

Selain itu, Anda ingin menggunakan thumbnail yang menawan kapan pun memungkinkan. Juga, gunakan tag dan metadata untuk keuntungan Anda; dapatkan kata kunci dalam judul Anda yang akan memberi tahu pemirsa potensial apa yang dapat mereka harapkan jika mereka mengklik video Anda. Dalam dunia yang terhubung saat ini, keterlibatan adalah segalanya. Anda perlu menggunakan kontak media sosial Anda sebanyak mungkin. Libatkan audiens Anda, apakah itu melalui live-blogging, menjawab surat penggemar di saluran Anda atau melibatkan mereka melalui Twitter dan Facebook. Membuat mereka merasa seperti Anda peduli tentang mereka sebagai individu akan melakukan keajaiban untuk pandangan Anda, serta reputasi Anda yang sangat penting.

Ini Semua Tentang Genre
Yang paling penting untuk dipertimbangkan saat memulai saluran YouTube Anda adalah memilih genre Anda. Begitu Anda mulai bergerak ke suatu arah, persembahkan diri Anda untuk itu. Jika nanti Anda memutuskan bahwa Anda ingin pergi ke arah yang berbeda tetapi juga menyimpan ribuan subs, Anda sebaiknya membuka saluran baru dan membiarkan subs Anda mengetahui keberadaannya. Dengan cara ini, Anda membuat hit Anda datang di saluran pertama Anda dan mendapatkan leg-up pada pelanggan untuk saluran kedua Anda. Jangan memulai saluran kedua hanya karena Anda ingin menggandakan penghasilan Anda; hanya buka saluran baru yang Anda rencanakan untuk memberikan perhatian sebanyak saluran pertama Anda. Ingatlah bahwa jika Anda melakukan ini untuk mencari nafkah, itu adalah pekerjaan dan harus diperlakukan seperti itu.

Cari variasi dalam genre Anda. Salah satu situs permainan YouTube yang paling populer adalah The Yogscast. Orang-orang dari Yogscast sangat suka bermain game perang sehingga mereka dikenal melakukan game perang aksi langsung dan bahkan menyewa tank untuk memainkannya! Mereka tidak hanya melakukan sesuatu yang menyenangkan dalam genre mereka, tetapi memperluas definisi genre mereka, sambil membuat para penggemar mereka terhibur - dan juga berolahraga.

Branding
Dalam industri film, branding, baik sebagai produser, sutradara, aktor, atau lainnya, sangat penting, tetapi Anda tidak perlu berpegang pada satu subjek tunggal di media baru, selama Anda benar-benar memisahkan berbagai upaya Anda.

Situs Michelle Glavan, yang telah mengumpulkan lebih dari 30 juta tampilan sejak ia mulai, melakukan sketsa komedi, parodi dan musik, meskipun sebagian besar musiknya ada di parodi "Ladies of Rap". Dia juga menyatakan bahwa salah satu tujuannya adalah "memfilmkan seri konsep tinggi yang telah saya buat, tulis, dan bintangi. Idealnya itu akan ditayangkan di TV atau platform digital lain dengan audiens yang besar ..." Seperti yang mungkin Anda perhatikan, Michelle's musik di situsnya juga komedi, jadi dia tidak keluar dari genre dengan bernyanyi. Jika dia ingin membuat musik asli yang tidak dimaksudkan untuk menjadi lucu, maka dia dapat melakukan yang terbaik dengan membuka saluran terpisah untuk musiknya.

Jaringan Multi-Saluran
Untuk memaksimalkan tampilan halaman Anda, ada baiknya untuk bermitra dengan penyedia konten lain yang menyediakan konten serupa. Tetapi itu tidak mudah dilakukan seperti menulis. Anda tidak dapat melenggang ke media baru sebagai pemula yang lengkap dan mengharapkan penyedia konten top untuk bermitra dengan Anda. Setelah saluran Anda mengarah ke arah yang benar - dan jangan khawatir jika ini membutuhkan sedikit waktu - Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk bergabung dengan jaringan multi-saluran (MCN). MCN adalah perusahaan yang mengumpulkan banyak pencipta yang berpikiran sama dan melakukan banyak - dan kadang-kadang semua - urusan bisnis saluran.

MCN tidak berafiliasi dengan YouTube atau domain lain dan Anda akan menandatangani kontrak terpisah dengan MCN. Ada dua keuntungan utama dari kemitraan ini. Pertama, dengan asumsi MCN dioperasikan oleh orang yang kompeten, pemilik saluran dapat berkonsentrasi pada pembuatan konten dan tidak perlu khawatir tentang keputusan bisnis, seperti iklan atau membangun basis pelanggan. Keuntungan kedua adalah bahwa pembuat konten tidak perlu khawatir menemukan mitra lain.

Setelah Anda menemukan Jaringan Multi-Saluran yang sesuai untuk konten Anda, mereka akan dapat bermitra dengan Anda dengan penyedia konten yang berpikiran sama dengan basis pelanggan yang sama. Dengan kata lain, jika saluran Anda tentang makanan, Anda tidak akan masuk dengan VEVO karena semuanya tentang musik.

Namun, Anda perlu melakukan pekerjaan rumah Anda. Terlibat dengan MCN yang salah sama dengan terlibat dengan produsen, agen atau manajer bisnis yang salah, dan itu bisa jelek. Setelah saluran Anda cukup berhasil, mulailah memeriksa beberapa MCN dan biarkan mereka membuat proposal kepada Anda. Sebelum menandatangani kontrak dengan MCN, konsultasikan dengan pengacara bisnis. Beberapa MCN telah dikenal untuk memasukkan bahasa dalam kontrak mereka yang membuatnya sangat sulit dan / atau mahal bagi penyedia konten untuk meninggalkannya. Pengacara Anda juga dapat memberi tahu Anda tentang apa yang diharapkan dari Anda berdasarkan ketentuan kontrak kami dan apa yang dapat Anda harapkan untuk dibayar.

Beberapa MCN sangat sukses. VEVO, yang merupakan MCN disukai oleh banyak tindakan musikal top, memiliki 14 saluran di 50 saluran YouTube Top pada bulan Maret tahun ini. MCN paling sukses kedua adalah Maker Studios, di mana Disney membayar antara $ 500 juta dan $ 950 juta dolar. Ini harus menunjukkan betapa pentingnya media baru bagi perusahaan Media Lama. Mereka tidak menjatuhkan bola di media baru karena mereka mengerti nilainya.

Membangun audiens dan Menghasilkan Uang di Media Baru
Tidak seperti struktur Hollywood yang lama, di mana Anda hanya dapat menemukan kesuksesan dari bekerja dengan studio atau menjadi pembuat film independen yang sangat sukses, ada banyak jalan menuju kesuksesan di media baru. YouTube saat ini merupakan salah satu jalur cepat menuju kesuksesan media baru, tetapi kesalahan akan terjadi. YouTuber 5everGaming, kerabat YouTewbie (pemula YouTube) mengatakan bahwa kesalahan terbesarnya adalah tidak memonetisasi videonya di awal. “Setelah lima puluh tampilan pertama saya, saya menyadari saya akan mendapatkan satu sen YouTube pertama saya, tetapi kemudian saya belajar bahwa saya harus memonetisasi semua video saya agar mereka dapat menghitung ke arah sen itu. Saya telah kembali dan mengaturnya untuk menguangkannya, tetapi sekarang saya kehilangan semua pandangan yang saya miliki - dan saya tidak akan pernah mendapatkan satu sen pun. "

Investopedia setuju dengan 5ever, dengan menyatakan bahwa, “Dua langkah pertama dalam mendapatkan pendapatan online dengan YouTube adalah membuka akun dan mengaktifkan monetisasi akun. Mengaktifkan monetisasi memerlukan penerimaan pedoman periklanan YouTube dan menghubungkan ke akun AdSense untuk pembayaran. Mengaktifkan iklan di video YouTube Anda harus menyetujui pembagian pendapatan iklan Google untuk YouTube. Ada pemisahan 55/45 untuk semua pembuat konten, jadi Google membuat 45 persen dari semua iklan YouTube di video Anda, dan Anda mendapatkan 55 persen sisanya. "

Keberhasilan memiliki kelebihannya
Salah satu manfaat mendapatkan audiensi besar adalah - dengan asumsi Anda tinggal di Los Angeles, New York, London, Berlin, Paris, Tokyo, São Paulo atau Mumbai - akses ke YouTube Spaces. YouTube Spaces adalah fasilitas panggung suara besar dan fasilitas produksi yang tersedia untuk pemilik saluran YouTube dengan minimal 10.000 pelanggan yang secara aktif mengunggah konten, tidak memiliki klaim hak cipta terhadap mereka dan memenuhi beberapa persyaratan lain termasuk melalui orientasi. Meskipun hanya dibutuhkan 10.000 pelanggan untuk mengakses YouTube Space, Anda tidak mendapatkan akses penuh hingga mencapai 1.000.000 subs, suatu prestasi yang telah dicapai oleh lebih dari 2.000 saluran sejauh ini.

YouTube Spaces memiliki semua peralatan terbaru, termasuk 4K dan kamera video bulat untuk membuat pembuatan konten semaju mungkin. YouTube membutuhkan pembuat konten untuk menggunakan teknologi baru dan menghasilkan konten dengannya.

“Tugas kami adalah membuatnya mudah digunakan. Anda perlu melakukannya dengan cara yang membuatnya terasa relatif mudah dan mulus, ”jelas Chief Product Officer Google Neal Mohan. “Merupakan keharusan untuk membuat konten tersedia di berbagai layar dan platform.”

Aliran Pendapatan Lainnya
Setelah saluran mengarah ke arah yang benar, kini Anda dapat mempertimbangkan aliran pendapatan. Seperti yang dinyatakan di atas, Anda perlu memonetisasi setiap video, terutama karena tidak ada cara untuk mengetahui video mana yang akan menjadi viral. Ini berarti menyetujui Program Mitra Google. Gambaran umum program pembagian pendapatan dapat ditemukan di sini dan ikhtisar pendapatan mitra YouTube dapat ditemukan di sini. Tetapi jika Anda memilih untuk tidak melihat aliran pendapatan lain, Anda merugikan diri sendiri. Saat Anda melihat-lihat, Anda akan melihat semakin banyak orang berjalan-jalan dengan topi dan kaus dari saluran YouTube favorit mereka. Ini tidak hanya memberikan pemilik saluran dengan uang dari penjualan barang dagangan, itu juga berfungsi sebagai iklan yang dibayar subs Anda. Tentu saja itu tidak terbatas pada topi dan kaos. Seperti yang kami katakan sebelumnya - dorong batas!

Aliran pendapatan terbaru yang tersedia disebut Pendanaan Penggemar. Ini adalah cara bagi Anda untuk menerima donasi gratis dari penggemar Anda tanpa Anda memberikan apa pun selain hiburan yang sudah menjadi kebiasaan mereka. Google menggambarkan Pendanaan Penggemar sebagai “cara baru untuk melakukan pembayaran sukarela untuk mendukung Pembuat YouTube yang Anda sukai. Jika Pencipta memiliki Pendanaan Penggemar diaktifkan, Anda akan melihat tombol Dukungan di saluran mereka. Anda juga dapat melihat pesan Dukungan di sudut beberapa video. "

Lalu ada sponsor perusahaan yang ingin mendapatkan produk mereka di luar sana. Aliran pendapatan ini tidak terbatas pada situs ulasan produk. Apakah ada perusahaan yang produknya Anda sukai? Apakah akan menyakiti Anda untuk meminta mereka untuk produk yang menggunakan saluran Anda? Anda dapat memperoleh peralatan gratis dan mungkin uang tunai dengan membicarakan tentang peralatan mereka atau dengan menampilkannya di video Anda, praktik kuno yang dikenal sebagai penempatan produk.

Masa depan
Media baru mengambil banyak peran dalam masyarakat. CEO YouTube Susan Wojcicki menjelaskan kepada CNN Money bahwa YouTube melihat dirinya lebih dari sekadar penyedia hiburan dan merasa bahwa YouTube memiliki tempat di masyarakat di mana ia dapat membantu orang-orang di negara-negara berkembang, dengan menyatakan, “Kami memikirkan YouTube dan dampaknya terhadap YouTube. ada di masyarakat kita menganggap itu sangat serius. "

Streaming langsung video bulat adalah fitur yang sangat baru yang telah membuat percikan di YouTube dan bentuk media baru lainnya. Kepala Produk Google Neal Mohan menyatakan bahwa salah satu manfaat utama dari live streaming bulat adalah kemampuan untuk “membuka pengalaman dunia bagi semua orang. Kita semua memiliki pengalaman ingin berada di ... acara itu - dan sekarang dengan streaming langsung 360 derajat, kami membuat Anda selangkah lebih dekat untuk benar-benar berada di sana ... Selain menjadi lebih besar, lebih baik dan lebih cepat, kami Sekarang kami fokus untuk menjadi lebih pintar, imersif, dan tanpa cacat. ”

YouTube selalu mendorong amplop pada teknologi baru dan sekarang, menurut Mohan, memiliki lebih dari satu juta video dalam 4K. Namun, seperti yang diketahui oleh siapa saja yang menggunakan Videomaker, 4K hanyalah langkah berikutnya untuk video dengan definisi lebih tinggi, seperti 8K dan yang lebih tinggi.

Gamer Rig_Saw_31 mencatat bahwa, "Selama YouTube tidak mencoba melakukan perubahan radikal, tetapi terus berkembang seiring perkembangan zaman, tidak ada yang bisa merongrong kesuksesan mereka." Dan 5everGaming meninggalkan kami dengan pandangan jauh ke depan, "Ada banyak pembuat konten, jadi YouTube tidak harus bergantung pada beberapa penulis yang dapat mulai melakukan kesalahan, sehingga mereka selalu dapat memiliki permainan baru, ide baru, dan video baru. Mereka tidak akan basi di masa depan. ”Konsumen ingin mengakses video di mana mereka inginkan dan kapan pun mereka mau. Seperti yang dijelaskan Mohan, "YouTube dikenal untuk mendorong amplop [secara teknologi], jadi kami akan terus melakukan ini selama beberapa bulan, tahun, dengan hal-hal seperti video 360 derajat [dan] audio spasial."

Melampaui YouTube
Situs lain yang merupakan aspek penting, tetapi sering diabaikan, media baru adalah situs crowdfunding seperti Kickstarter, GoFundMe, dan IndieGoGo. Dalam dunia video yang didemokratisasi saat ini, ini membawa produk ke pasar bahkan sebelum mereka diciptakan. Baik itu jam tangan pintar, mobil roda tiga atau bahkan film panjang, orang telah beralih ke situs crowdfunding ini untuk mendapatkan dana yang mereka butuhkan untuk mewujudkan impian mereka.

Kickstarter sendiri adalah subjek dari film media baru yang disebut "Kickstarted," sebuah film yang produsernya, Kim Sherrell, menggambarkan sebagai "film dokumenter indah tentang fenomena luar biasa ini yang terjadi tepat di depan mata kita." Dia kemudian menjelaskan bahwa " 'Kickstarted' mengikuti pengalaman seorang musisi, pembuat film dan seorang penemu, yang semuanya menggunakan crowdfunding untuk mengejar impian seumur hidup mereka. "Lebih penting," Tidak ada satu pun elemen dalam film yang tidak berutang kepada budaya dan jaringan startup bangunan."

Sebagai jenis media baru, video Kickstarter juga memenuhi syarat untuk memasuki New Media Film Festival, salah satu metode untuk membuat media Anda terpapar yang Anda butuhkan. Sutradara, Susan Johnston, menciptakan istilah "Sniplers" untuk klip 30 detik yang digunakan produsen untuk mendapatkan dana untuk film mereka. The Fest cukup meyakini bentuk seni baru ini sehingga “Penembak jitu” adalah salah satu kategori di edisi 2016 mereka. Ini hanyalah salah satu contoh dari banyak jenis media baru yang sedang diproduksi saat ini.

Jika Anda berencana untuk menghasilkan banyak video dalam jangka waktu yang lama, Anda mungkin juga melihat situs pendanaan kreatif berbasis langganan, Patreon, yang memungkinkan pelanggan berkontribusi dalam jumlah tertentu per video yang dipublikasikan. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan dukungan yang lebih konsisten untuk usaha kreatif Anda.

Ingin melihat lebih banyak? Coba Vine, yang merupakan seni membuat film berdurasi enam detik menggunakan klip video dan / atau stills. Video bulat, trailer film, dan serial web juga merupakan contoh luar biasa dari konten media baru bentuk pendek. Tahun ini, New Media Film Festival menayangkan perdana film yang dipilih oleh Artificial Intelligence. Satu juta gambar, serta audio, dimasukkan ke komputer dan komputer memilih gambar. Sekali lagi, media baru adalah tentang bereksperimen, mencoba hal-hal baru dan membiarkan audiens menentukan kelayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar